Jumat, 28 Juli 2017

Istilah dalam Widget blog (Tutorial lengkap)

Istilah dalam Widget blog (Tutorial lengkap)

Ada istilah yang harus di ketahui oleh para blogger salah satunya adalah istilah dalam widget blog. banyak sekali blogger d luar sana tidak mengetahui istilah yang ada di dalam widget ini sangatlah banyak. oleh karena itu untuk para blogger pemula harap di perhatikan. 
widget di sini adalah sebuah tambahan atau masukan dalam blog yang berfungsi untuk meningkatkan performa blog kita disini diantaranya akan saya bahas di bawah ini langsung saja:


  1. sosial bookmarking : adala suatu web yang menyimpan, mengelola,dan berbagi alamt situs yang di anggab favorite

  2. sosial network : adalah layanan web yang menyediakan kumpulan cara yng sangat beragam untuk mempermudah pengguna atau user untuk berinteraksi, seperti chat, email video blog dan lain-lain.

  3. blogroll : adalah fitur dari blogger yang menampilkan link-link tertentu sesuai yang mereka tambahkan. fitur ini biasanya di gunakan untuk tukeran link sesama blogger.

  4. blogosphere : adalah istilah yang di gunakan untuk menjelaskan kepada dunia yang di ciptakan oleh jaringan blog.

di dalam widget suatu blog harus ada sebuah tempat yang sangat penting bagi blog yang merupakan pondasi dari suatu blog, sebuah blog harus memiliki elemen yang penting dan akurat. berikut elemen tersebut.
  1. komentar : adalah tempat yang di khsuskan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan. bisa berupa saran, kritik dan diskusi.

  2. komentar SPAM : komentar yang semata-mata di tulis hanya untuk promosi suatu produk tertentu. yang guna akan memperoleh backlink dan komentar yang di tulis tidak bersangkutan dengan artikel yang terkait.

  3. Anchor Text : sebuah teks yang berisi link di dalamnya, misal : Menghasilkan uang Dari Payclick.com di Blog

  4. laman : hampir sama dengan postingan, tapi tulisan yang ketik di laman, nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman blog contoh : about

  5. Tata letak : merupakan bagian dari blogger. pada bagiann ini lah yang mempunyai peranan fungsi yang sangat banyak. yang berupa dapat menambahkan. menghapus. atau mengatur letak gadget/widget dalam blog.

  6. Header : adalah bagian paling atas pada halaman blog. ini biasa di gunakan untuk menempatkan judul atau logo suatu blog beserta deskripsinya.

  7. Sidebar : adalah kolom-kolom yang dapat di isi di sebuah blog. biasanya di letakan seperti pada gadget/widget di tempat tertentu.

  8. Footer : adalah bagian paling bawah dari halaman blog.

  9. Gadgte : kumpulan elemen atau fitur-fitur yang sudah di sediakan oleh pihak blogger.

  10. Label : adalah sebuah kategori untuk mengelompokan artikel atau postingan yang berhubungan yang telah terdapat di blogger. tujuannya untuk menampilkan label ini agar mempermudah pengunjung untuk menemukan artikel yang sednag di cari.
  11. Arsip : merupakan widget bloggre yang berfungsi untuk menampilkan postingan terbaru dan terdahulu berdasarkan tanggal bulan dan tahun.
  12. Favicon : merupakan sebuah icon yang di pasang di atas suatu browser pada blog kita yang berupa logo blog atau web ang di tampilkan di andress bar.

  13. Follower : adalah gadget yang berupa buton untuk mengaktifkan sebuah pemberitahuan mengikuti.

  14. CSS : CSS atau Cascading Style Sheet adalah salah satu bahasa pemrograman web untuk mengendalikan beberapa komponen dalam sebuah web sehingga akan lebih terstruktur dan seragam.
  15. jQUERY : Merupakan sebuah library JavaScript yang sangat ringkas dan sangat sederhana untuk memanipulasi komponen di dokumen HTML.
  16. Feed : Feed sering disebut juga dengan Feed Web atau Feed News, adalah format data yang digunakan pada pengguna internet untuk berlangganan pada postingan suatu blog.
  17. Rss : Merupakan singkatan dari Really Simple Syndication, adalah format yang digunakan untuk mengirimkan informasi dari sebuah web atau blog yang di update secara berkala.
  18. Xml : Merupakan singkatan dari eXtebsible Markup Language, adalah sebuah format teks sederhana yang diturunkan dari SGML, dan digunakan untuk memudahkan sindikasi informasi dengan menggunakan teknologi RSS.
  19. Atom : adalah sebuah format indikasi feed yang dikembangkan sebagai alternatif RSS. Atom memungkinkan seseorang mendapatkan update artikel dari sebuah web atau blog.
  20. Plugin : Sebuah modul program komputer atau alat yang berinteraksi dengan yang lain untuk menambahkan fungsi tambahan yang spesifik, atau mendukung format file yang spesifik.
  21. subscriber : Pengunjung yang berlangganan kepada suatu web atau blog, bisa melalui RSS Feed, Email ataupun Atom.

bahagimana sobat sangat banyak bukan fungsi dari widget yang banyak orang tidak di ketahui ini. jika sobat merasa masih bingung silahkan tinggalkan pesan melalui komentar.