Sabtu, 29 Juli 2017

5 Pengaruh Responsive blog untuk meningkatkan SEO (panduan lengkap)

5 Pengaruh Responsive blog untuk meningkatkan SEO (panduan lengkap)

Sebuah design dari blog kini tidak semata-mata hanya mengenai keindahan estetika. namun ada banyak faktor penting yang perlu di perhatikan. selain design antar muka dan kemudahan dalam navigasi. fleksibilitas dari sebuah blog untuk berbagai perangkat kini menjadi hal yang sangat penting di karenakan jumlah penggna perangkat smartphone semakin banyak.

menurut data yang di keluarkan secara resmi oleh google pada tahun 2014 pengguna smartphone dalam pencarian gogle meningkat drastis yakni +17%, tablet +28%. sedangkan desktop menurun -1%. oleh karena itu harus di lakukan responsive blog untuk meningkatkan seo suatu website.

http://www.bagiseo.xyz/2017/07/5-pengaruh-responsive-blog-seo.html
Responsive blog design
merupakan suatu teknik untuk mengubah tampilan blog secara otomatis mengikuti ukuran layar perangkat pengunjung. hal ini sangat berguna untuk meningkatkan rangking blog anda di mata pengunjung dan google. responsive memberikan keuntungan bagi seo.

  1.  Google menyarankan Responsive Design.
    mengingat google adalah mesin pencari terbesar dan paling utama di internet, semua teknik optimasi mengacu pada mesin pencari google ini. google telah menyarankan optimasi responsive pada design blog untuk menjangkau pengguna smartphone.

    faktanya dengan penerapan ini segalanya menjadi lebih mudah, agar dapat memaksimalkan kenyamanan pengunjung.
    kini dengan adanya responsive design maka tampilan akan di sesuaikan secara otomatis pada halaman dan url yang sama dalam perangkat yang berbeda-beda. hal ini akan jauh lebih efektif dan efesien dalam hal pengolahan blog atau website.

    selain itu, responsive akan jauh lebih cepat dalam pengindexan artikel yang ada dalam suatu website karena tidak perlu lagi menambah konten dengan halaman sebernanya sama untuk versi yang berbeda. hal ini mempermudah seach engine untuk menganalisa perkembangan jumlah konten yang ada dalam website  atau blog anda. dalam peringkat google di pencarian.

    SARAN
    Istilah penting dalam blog untuk pemula
    Agar di terima adsense, siapkan dulu 4 widget ini di blog
    Tips menjadi Blogger pengalamanku dari A sampai Z


  2. Satu Blog, Satu Url
    sebelum responsive blog design di praktekan secara lua, untuk perangkat mobile akan di buat halaman website terpisah. halaman ini di designuntuk tampilan layaknya mobile.

    memang ini memanglah solusi terbaik sebelumnya. namun tidak berdampak bagi SEO. dengan memiliki 2 halaman. maka optimasi memerlukan untuk 2 halaman tersebut. ini merupakan praktek yang tidak efektif.

    google pun sekarang sudah mulai mengenali mana website yang memiliki tampilan responsive untuk mobile.dalam search engine. selama ii google memastikan setiap pengunjung sebuah website mendapatkan jawaban atau menemukan apa yang di carinya.
  3. Tingkatkan kenyamanan pengunjung.
    tujuan utama blog adalah memudahkan semua distribusi pengunjung yang ingin mencari sesuati di dalam blog kita baik berupa konten. isi. informasi dan lain- lain
    hal ini dengan adanya pencarian informasi bisa dengan mudah dilakukan hanya dengan sebuah kata kunci. tingkat indexing artikel anda di dalam seach engine google sangat bergantung pada responsive dari suatu design blog anda.

    Tampilan website pada perangkat apapun dapat di sesuaikan dengan teknik responsive design. mulai dari ukuran gambar. tata letak menu. konten. sampai dengan ukuran font mengalami perubahan otomatis. semuanya akan ditampilkan secara maksimal mengikuti ukuran layar. perangkat pengunjung blog.

    ukuran teks misalnya 
    akan disesuaikan sehingga konten teks akan tetap mudah untuk dibaca. Umumnya, posisi menu akan dipindahkan dan diminimalisasi mengingat keterbasan ukuran layar. Sementara terkadang beberapa bagian yang dianggap kurang penting tidak akan ditampilkan, sebaliknya informasi yang sangat penting akan tetap dipertahankan.
    Selanjutnya struktur navigasi website akan dirancang dengan sangat matang. Kemudahan pengguna untuk mencapai halaman tertentu, terlebih halaman yang vital harus dipikirkan. Apakah posisi link menuju halaman contact Anda mudah untuk ditemukan? Atau berapa kali klik yang dibutuhkan pengguna untuk melakukan transaksi pembelian di toko online Anda?
    Semua pertanyaan tersebut akan terjawab dengan teknik UX yang baik mengingat fungsi UX adalah memudahkan pengunjung mengakses informasi di website Anda.
  4. Tujuan utama adalah konversion rate
    Meskipun Google menyatakan bahwa responsive design merupakan hal penting untuk optimasi mobile, developer masih harus memikirkan secara matang apakah responsive design memang merupakan pilihan terbaik bagi website mereka.

    Bila sebuah website dirancang dengan teknik responsive design namun masih sulit untuk digunakan oleh pengunjung website tersebut, maka pengguna tersebut akan mendapatkan pengalaman negatif. Baik atau buruknya pengalaman kunjungan bisa diukur dengan conversion rate, yaitu proporsi pengunjung yang melakukan aksi lebih dari sekedar mengunjungi website. Hal ini bisa meliputi memberikan alamat email, mengunduh dokumen, atau bahkan melakukan check-out untuk pembelian online.

    bagaimana kita bisa mengetahui apakah kita masih memerlukan RWD?

    Jika conversion rate tinggi telah tinggi untuk penggunaan halaman website terpisah untuk versi mobile, maka tidak diperlukan responsive web design. Sebaliknya, apabila conversion rate rendah, pendekatan responsive design mungkin memang diperlukan untuk meningkatkan conversion rate. Namun perlu diingat bahwa desain tampilan hanya satu dari sekian banyak faktor yang menentukan keberhasilan target website Anda.

    Idealnya dilakukan pengujian terlebih dulu untuk mengetahui efektivitas tampilan website bagi pengunjung. Proses ini membutuhkan proses bertahap dan memakan waktu.

    Pada dasarnya, untuk mendapatkan kesuksesan jangka panjang dalam SEO, Anda harus memuaskan pengguna bukan Google. Setelah Anda berhasil memberikan kepuasan kunjungan kepada pengunjung website Anda, Google akan mengetahui hal ini. Sebagai imbalannya, Anda akan mendapatkan kenaikan peringkat untuk website Anda.
  5. Menghindari duplikasi konten
    Apakah Anda membuat konten artikel yang sama baik untuk versi mobile maupun desktop? Perlu Anda ketahui bahwa memiliki halaman mobile tambahan dengan konten yang sama dengan versi desktop beresiko bagi SEO. Praktek demikian ‘diharamkan’ oleh Google semenjak diluncurkannya algoritma baru bernama Google Panda pada tahun 2011. Algoritma ini memberikan sanksi serius bagi website dengan konten duplikasi dan berkualitas rendah.

    Akibatnya, banyak website yang peringkatnya menurun secara signifikan atau bahkan sama sekali hilang dari halaman pencarian. Tentunya, hal ini akan membuat Anda perlu memikirkan mengenai dampak duplikasi konten bagi SEO.

    Kabar baiknya Google tidak akan memberikan sanksi pada website dengan konten duplikasi dalam jumlah yang sangat besar. Website yang dimaksud adalah e-commerce, dengan jumlah produk ratusan bahkan ribuan yang membuat konten terduplikasi berkali-kali. Tapi hal ini memang tidak bisa dihindari mengingat website e-commerce bukan seperti website dengan konten artikel yang diambil dari situs lain.

    Google memberikan solusi bagi website e-commerce untuk menggunakan canonicalization tag (rel=”canonical”). Dengan tag ini Anda bisa menentukan halaman mana yang akan ditampilkan pada hasil pencarian Google
Tapi apapun yang sudah di sedikan bagi anda. responsive design atau halaman terpisah. pasti akan melakukan optimasi di dalamnya dalam perangkat mobile. apabila anda ingin selangkah di depan kompetitor. selangkah lebih maju dan semakin maju.
selamat mencoba :)