Senin, 17 Juli 2017

10 langkah yang harus di lakukan oleh blogger pemula.

10 langkah yang harus di lakukan oleh blogger pemula.

http://hienzominato.blogspot.co.id/2017/07/10-langkah-yang-harus-di-lakukan-oleh.html
membuat blog sangatlah mudah bahkan tidak harus dari kalangan pelajar. banyak para blogger banyak menggunakan platform gratisan yaitu blogspot.com dan wordpress.com. inti dari sebuah blogging adalah menulis. jadi dalam kegiatan ngeblog selain anda menulis, memberikan informasi kepada pengunjung anda juga akan dapat mendapatkan penghasilan dari hasil tulisan anda jika banyak yang menyukai tulisan anda dan anda harus mempunyai kerjasama dengan pengiklan seperti google adsense. 

tapi jika anda berniat menjadi blogger sebagai profesi. anda butuh lebih dari sekedar menulis. anda harus mulai membuat konten yang berisi dan berkualitas tentunya sehingga pengunjung sangat menyukai isi dari blog anda.

dan perlu di ingat untuk menjadi seorang blogger sukses ialah sebuah jalan yang panjang dan berliku. anda harus mengetahui cara kerja internet sebagai penghasilan anda.
untuk itulah tulisan ini ada. untuk membantu anda dalam mendapatkan gambaran langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan ketika sudah mempunyai niat untuk menjadi blogger. 

sebelum di mulai kita harus mengetahi apa itu blog ?

blog ? 

menurut saja blog adalah sebuah wadah untuk menyampaikan suatu informasi berupa tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. 
di dalam blog tulisan kita akan membantu orang yang sedang membutuhkan informasi dengan skala tidak terbatas.artikel-artikel yag di publikasikan akan di baca dan di nikmati pengunjung sehingga terjadilah pertukaran informasi melalui sarana internet berupa tulisan.

jenis blog

pilihan blog sangatlah beragam tapi yang paling umum di gunakan para blogger ialah blogger.com
,wordpress.com,tumbl,vlogs.com,dll.
untuk memulai membuat blog anda bisa mulai blog anda bisa mulai dari salah satu dari nama-nama layanan di atas.

langkah selanjutnya 

ketika anda sudah membuat blog langkah yang harus anda lakukan adalah hilangkan pemikiran anda soal uang. fokus dulu pada target jangka pendek. ini akan membuat anda tidak akan mudah putus asa. berikut beberapa langkah yang harus di lakukan.

1. Navigasi blog


navigasi adalah elemen paling penting navigasi merupakan sub-sub menu yang wajib ada di sebuah blog antara lain, halaman profil yang merukan kepemilikan blog anda. syarat dan ketentuan pengguna.kontak.kebijakan privasi dan kategori yang bersangkutan pada blog anda. berikut beberapa fungsi navigasi.

a) navigasi yang bagus dan baik akan meningkatkan durasi kunjungan pada sebuah blog biasanya di hitung pada hitungan detik.

b) navigasi yang baik akan membatu pengunjung untuk memahami blog anda.

c) efek posisi juga penting karena dalam pendekatan serial position effek orang lebih sering melihat keindahan navigasi dari pada keindahan isi artikel.

2. tulislah artikel pertama anda


jadikanlah tulisan pertama anda ini sebuah tulisan yang berkesan untuk anda dalam membuat postingan. tulisan yang berbobot dan memberikan nilai keunikan pada blog anda. tulisan pertama bisa anda lakukan misalnya membuat postingan tentang blog yang baru saja anda buat sehingga pengunjung akan tau blog anda mempunyai nice apa.

3. perbaiki tampilan


tampilan blog haruslah bagus dan enak untuk di pandang, dan tentunya tidak memberatkan loading blog kita. yang terpenting adalah saat di mana blog kita sangat ringan dalam hal loading. dan mudah untuk di buka via mobile.
jadi pasanglah tema atau template yang sederhana dan reponsif untuk kemudahan blog anda.

4. pasang plugin seperlunya


langkah yang harus di lakukan adalah sebagai berikut :
a) AIO SEO plugin : digunakan untuk memanipulasi title tag, deskripsi artikel dan keyword.
b) Google Xml plugin : membantu membuat halaman seperti sitemap untuk di daftarkan di google serch console.
c) W3 Total cache : membantu mempercepat loading.

5. Logo dan favicon


tidak kalah penting adalah buatlah logo untuk header blog anda.

6. Formulir Newsletter


bisa menjadi suatu aset berharga mendatang. selain sebagai sumber trafik loyal. mereka bisa menjadi ladang menawarkan produk atau jasa di kemudian hari.

7. Fan page dan akun sosial media


google sudah menegaskan bahwa blog di sosial media tidak menjadi tolak ukur peringkat di mata mesin pencari. tapi tujuan nya adalah untuk memperbanyak pengunjung dan sekaligus promosi.

8. submit blog ke google search console atau webmaster tools


adalah sebuah alat untuk menjadikan artikel yang sudah kita buat langsung masuk ke masin pencari google dan ini berfungsi supaya banyak pengunjung bisa mendapatkan informasi dari blog anda.

9. daftarkan situs ke google analytic


layanan ini juga milik google untuk mencatat sebuah lalu lintas yang di lakukan google untuk memantau perkembangan blog kita.

10. bagikan artikel anda di sosial media anda


membagikan potingan di sosial media juga berperan penting untuk meningkatkan pengunjung blog dan untuk memperkenalkan blog anda kepada teman-teman dekat anda.


3 comments

thaks gan ilmunya, bermanfaat untuk yang masih pemula

iya gan makasih sudah berkunjung

Mantapp nih harus sering blogwalking yaa supaya terkenal 😄